Dengan diperkenalkannya media player Zune, Microsoft telah memasuki dunia di mana Apple telah mendominasi. Tentu ada upaya lain di pemutar media, seperti upaya oleh Creative dan Samsung, tetapi Zune adalah pemutar media pertama oleh perusahaan perangkat lunak dengan sumber daya raksasa Microsoft. Dengan kekuatan seperti itu di balik pengembangannya, Zune seharusnya cukup bagus, dan memang begitu. Pertanyaannya adalah cuaca atau tidak itu dapat menggeser iPOD Apple sebagai raja pemutar media portabel.
Pertanyaan lainnya adalah cuaca atau tidak. Agar Zune sukses secara komersial, Zune bisa terjual dengan meriah di tempat kedua, menambahkan jutaan dolar per kuartal ke pundi-pundi Microsoft, dan membuka aliran pendapatan tambahan untuk mereka, sama seperti yang dilakukan iTunes untuk Apple. Apple sekarang memiliki sekitar 70% pasar pengunduhan musik dan video. Jika Microsoft hanya mengambil sebagian dari pasar unduhan yang ada dan mendapatkan bagian yang lebih besar dari pengguna tambahan, itu bisa berhasil dengan baik untuk Microsoft. Faktanya, divisi iTunes telah memberikan pendapatan senilai lebih dari $1 miliar untuk perusahaan yang berbasis di Cupertino sejak awal divisi hanya beberapa tahun yang lalu.
Meskipun penjualan Zune mencapai download video tiktok tanpa watermark angka 1 juta dalam waktu kurang dari 8 bulan, banyak yang kecewa karena penjualan Zune memucat dibandingkan dengan saingan utamanya, iPOD. Jika Anda telah mengambil risiko dan membeli Zune, Anda tahu tentang layar berkualitas tinggi, grafis yang kaya, dan video yang brilian. Kekuatan video ini, ditambah dengan jaringan nirkabel WiFi built-in, adalah apa yang Microsoft andalkan untuk mendorong Zune menjadi saingan iPOD di pasar.
Jika Anda memiliki Zune, Anda mungkin berada di pasar untuk konten. Bagaimanapun, kehebatan video Zune yang disebutkan di atas dapat dengan mudah dinikmati di bus, pesawat, bandara, kelas, atau tempat mana pun di mana video berkualitas tinggi penting sehingga Anda dapat mengikuti acara TV, menonton film, atau menikmati beberapa video komedi atau musik. Portabilitas video ini awalnya membuat banyak analis terpecah karena cuaca akan bertahan dan menikmati pengikut yang solid di antara konsumen. Namun, pemutar video portabel telah terbukti menjadi hit besar bagi publik. Seiring bertambahnya jumlah orang dengan pemutar portabel, sejumlah solusi untuk mengunduh video itu bermunculan.
Ada hampir banyak model bisnis yang mendukung situs pengunduhan video ini seperti halnya situs itu sendiri. Namun, tiga model bisnis utama tampaknya telah menarik sebagian besar perhatian. Yang pertama adalah situs berlangganan. Napster dan Rhapsody baru adalah dua situs tempat Anda dapat mengunduh semua konten yang Anda inginkan dengan biaya bulanan tetap, biasanya antara $10 dan $20. Terkadang ada penawaran premium yang memberikan lebih banyak konten, meskipun dengan biaya yang lebih besar. Napster mengklaim, pada Maret 2007, ia memiliki lebih dari 830.000 pelanggan berbayar di seluruh dunia, meskipun ia mengakui bahwa ia masih kehilangan uang dengan mudah.
Model langganan populer lainnya, dan yang dipilih oleh pemimpin industri Apple untuk layanan iTunes-nya, adalah model unduhan per lagu atau video. Dengan layanan ini, Anda hanya membayar untuk lagu, film, atau video yang benar-benar Anda unduh. Biaya berkisar dari sekitar satu dolar untuk satu lagu hingga beberapa dolar untuk konten premium, film, atau video. Sejak didirikan pada April 2003, Apple telah menjual lebih dari 1 miliar lagu dan jutaan film dan video di iTunes.
Microsoft telah menghadirkan hibrida dari kedua model bisnis dengan Zune Marketplace. Anda bisa mendapatkan Zune Pass seharga $14,99 per bulan, atau Anda bisa mendapatkan pass 3 bulan seharga $44,97. Anda benar, tidak ada penghematan dengan Zune Pass 3 bulan. Anda dapat mengunduh musik tanpa batas dengan Zune Pass, tetapi seperti Rhapsody, semuanya hilang saat Anda berhenti membayar biaya langganan bulanan. Anda dapat mengunduh musik atau video untuk disimpan, tetapi seperti iTunes, Anda akan dikenakan biaya per lagu atau video. Microsoft telah mengambil halaman dari orang-orang pemasaran di iTunes dengan memiliki rekaman eksklusif dari artis yang sangat populer seperti Kanye West yang hanya tersedia di Zune Marketplace.
Seperti yang telah disimpulkan oleh banyak konsumen, mengisi Zune, iPod, atau pemutar media portabel lainnya dengan membayar biaya per lagu bisa menjadi sangat mahal dengan tergesa-gesa. Banyak pemain akan menyimpan lebih dari 5.000 lagu, jadi mudah untuk melihat bagaimana musik dan video di hard drive pemutar portabel dapat segera bernilai jauh lebih banyak daripada pemutar itu sendiri. Ini sering mengesampingkan keinginan untuk benar-benar memiliki musik yang dimuat ke dalam pemutar dan membuat banyak konsumen membayar biaya bulanan $ 14,95 untuk jangka panjang. Namun, beberapa konsumen juga tidak terlalu senang dengan opsi itu. Biaya bulanan untuk mengakses konten digital sulit bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas yang sudah